Logo Sipram

Bimtek Data Kepramukaan yang Diselenggarakan Dispora Kota Jambi Berlangsung Sukses

Admin | 02 November 2023 | Berita


Sipram Koja - Bimbingan Teknis (Bimtek) Data Kepramukaan yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi berlangsung sukses.

Kegiatan yang mengusung tema “Satu Data untuk Pramuka Kota Jambi” ini diadakan selama 2 hari pada Rabu dan Kamis tanggal 15-16 Maret 2023, bertempat di Aula BKPSDM Kota Jambi.

Tampak hadir, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, H. Obliyani, S.Sos, ME, Kepala Bidang (Kabid) Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni, S.Pd, M.Pd, Pembina Gugus Depan peserta Bimtek Data Kepramukaan serta tamu undangan lainnya.

Di hari pertama pembukaan, Ketua Panitia yang juga Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni, S.Pd, M.Pd dalam laporan menyampaikan, kegiatan bimtek ini dilakukan sebagai bentuk dari bagaimana mengimplementasikan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

Selain itu, Zulafni mengharapkan peserta yang mengikuti bimtek dapat bersinergi karena tugasnya untuk kompak membangun siswa-siswa yang di sekolah supaya pendidikan pramuka melahirkan generasi-generasi unggul, bermutu dan berkarakter.

Diwaktu bersamaan, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, H. Obliyani, S.Sos, ME pada sambutannya mengatakan, digitalisasi sistem pemerintahan merupakan salahsatu perwujudan reformasi birokrasi melalui akselerasi pemanfaatan dukungan teknologi informasi secara intensif dan masif.

“Pemerintah Kota Jambi telah menggencarkan prinsip digitalisasi dalam memberikan pelayanan publik. Hal ini dianggap penting karena digitalisasi untuk mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga menghasilkan perubahan proses birokrasi dan menciptakan nilai kepuasan kepada pengguna layanan,” bebernya.

Berdasarkan pertimbangan diatas, Dispora Kota Jambi menerapkan sistem digitalisasi pada pendataan kepramukaan Kota Jambi.

“Digital government menjadi sebuah solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pelayanan publik,” tandasnya.

Di hari kedua penutupan bimtek, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, H. Obliyani, S.Sos, ME, menuturkan, seusai mengikuti bimtek data kepramukaan para pendidik pramuka harus memiliki inovasi.

Obliyani juga berpesan, jauhi dari bahaya narkoba karena pramuka merupakan wadah sebagai pendidikan awal membentuk karakter. Namun era digitalisasi harus diikuti karena negara yang maju adalah negara yang menguasai informasi.

Untuk diketahui, ada sebanyak 100 peserta yang mengikuti bimtek data kepramukaan yang dibagi dalam 2 hari berasal dari operator Gugus Depan pada Pangkalan SD dan SMP Kota Jambi. 

Adapun narasumber didatangkan dari Diskominfo Kota Jambi. (Admin SipramKoja)