Logo Sipram

Dispora Kota Jambi Gelar Diklat Pramuka Penanggulangan Bencana

Admin | 02 November 2022 | Berita


Bertempat di Hutan Kota H. Muhammad Sabki Kota Jambi, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pramuka Penanggulangan Bencana, Selasa (25/10/2022).

Acara tersebut mengusung tema “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Tampak hadir, Walikota Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M. Mulyad Yatub SH, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, Ir. Moncar Widaryanto, Kabid Kepramukaan Kota Jambi, Zulafni M.Pd, Kepala Basarnas Provinsi Jambi, Ketua Harian Kwarcab Kota Jambi serta tamu undangan lainnya.

Walikota Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M. Mulyadi Yatub SH dalam sambutannya menyampaikan, gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk insan pramuka agar memiliki kepribadian beriman, bertaqwa, berakhlak yang menjunjung nilai-nilai leluhur bangsa.

Menurutnya, gerakan pramuka juga memiliki peran besar membentuk generasi muda dalam membentuk pengendalian diri dan kecapakan hidup untuk menghadapi berbagai tantangan serta tuntutan perubahan.

“Melalui gerakan pramuka diharapkan dapat berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dengan mengedepankan menolong sesama, salahsatunya aktivitas penanggulangan bencana,” ujarnya.

Diwaktu bersamaan, Kepala Dispora Kota Jambi, Ir. Moncar Widaryanto mengatakan, Dunia mengalami perkembangan yang begitu cepat, proses globalisasi semakin lama semakin nyata merasuki setiap negara termasuk Indonesia.

Lanjut Moncar, tanpa disadari proses globalisasi mampu merubah sifat, pola
fikir bahkan perilaku masyarakat. Disisi lain, tuntutan hidup terkadang menimbulkan kerusakan yang mengakibatkan terjadinya bencana alam.

Untuk itu, kita harus mampu merespon dan mengantisipasi hal tersebut dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, termasuk di dalamnya keterlibatan Anggota Pramuka.

“Satyaku Kudarmakan, Darmaku
Kubaktikan sebagai motto Gerakan Pramuka Indonesia harus senatiasa kita
amalkan dalam segala aspek kehidupan,” tandasnya.

Untuk diketahui, ada sebanyak 50 peserta yang mengikuti Diklat Pramuka terdiri dari Pembina dan Pelatih
Pramuka Kwartir Cabang, Kwartir Ranting serta Pangkalan Gudep di Lingkungan
Pemerintah Kota Jambi. Kemudian 5 narasumber didatangkan dari Basarnas Jambi.

Kegiatan Diklat Pramuka Penanggulangan Bencana dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 25-29 Oktober 2022.