Logo Sipram

Dispora Kota Jambi Gelar Rapat Koordinasi Kepramukaan Tahun 2023

Admin | 10 Maret 2023 | Berita


Rabu (08/03/20223), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepramukaan Kota Jambi Tahun 2023 dengan mengusung tema “Mewujudkan Generasi Unggul dan Berkarakter Melalui Gerakan Kepramukaan”.

Acara yang berlangsung di Aula BKPSDM Kota Jambi ini dibuka oleh Wakil Walikota (Wawako) Jambi yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kota Jambi, Dr. dr. H. Maulana, MKM.

Hadir dalam acara, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi, H. Obliyani, S.Sos, ME, Kabid Kepramukaan, Zulafni, S.Pd, M.Pd, Pengurus Kwarcab dan Kwarran se-Kota Jambi serta Kamabigus Pangkalan SD/SMP se-Kota Jambi.

Dalam sambutannya, Wawako Maulana menuturkan bahwa gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) merupakan lembaga pendidikan luar sekolah sebagai wahana membangun dan membina generasi muda agar menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila serta ikut membangun masyarakat, bangsa dan negara.

“Untuk itu, Gerakan Pramuka diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan, menyelesaikan masalah kaum muda di era globalisasi serta membangun karakter kaum muda melalui kegiatan kepramukaan yang asyik dan menyenangkan.” ujarnya.

Sementara, Plt. Kepala Dispora Kota Jambi menyampaikan gerakan kepramukaan merupakan gerakan yang bertujuan membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diwaktu bersamaan, Zulafni selaku Kabid Kepramukaan sekaligus Ketua Panitia Rakor Kepramukaan dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan untuk evaluasi kegiatan Kepramukaan Tahun 2022, mensinergikan program Kepramukaan Tahun 2023 dengan Kwartir Cabang, Ranting dan Gugus Depan serta mensosialisasikan program Kepramukaan Tahun 2023.

Adapun narasumber dan materi rakor kepramukaan yang diberikan kepada peserta, yaitu program bidang kepramukaan yang disampaikan Plt. Kepala Dispora Kota Jambi, program kerja kepramukaan tahun 2023 yang disampaikan Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi, dan generasi unggul dan berkarakter melalui Kepramukaan disampaikan Wakil Walikota Jambi. 

Untuk diketahui, Rakor Kepramukaan diikuti  80 orang peserta, yang terdiri dari pengurus Kwartir Cabang Kota Jambi, Kwartir Ranting dan Gugus Depan pada pangkalan SD dan SMP dalam Kota Jambi.