Logo Sipram

Dispora Kota Jambi Mengadakan Sosialisasi Lomba Gudep Prestasi Tahun 2024

Admin | 17 Juli 2024 | Berita


Bertempat di Aula Kwarcab Kota Jambi, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi menggelar Sosialisasi Lomba Gudep Prestasi Tahun 2024, Rabu pagi (12/06/2024).

Acara yang mengusung tema “Eksistensi Kepramukaan di Tengah Harapan dan Tantangan”, diikuti 150 peserta Pembina Gugus Depan pada pangkalan SD dan SMP dalam Kota Jambi.

Tampak hadir Pj Walikota Jambi diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir. Moncar Widaryanto, Kepala Dispora Kota Jambi, Erwandi S.STP, Kabid Kepramukaan, Zulafni M.Pd, Ketua Kwarcab Kota Jambi atau yang mewakili serta Kakak-Kakak Pembina Gugus Depan (Gudep).

Kepala Dispora Kota Jambi, Erwandi S.STP, dalam laporannya mengatakan gerakan pramuka cukup besar dalam pembentukan karakter bangsa. Dalam hal ini, gerakan pramuka bukan hanya dalam membangun kuantitas maupun kualitas daya bersaing. Namun masalah utamanya adalah bagaimana mewujudkan visi dan misi gerakan pramuka itu sendiri dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin hari semakin mengancam kaum muda.

Menurut Erwandi, tantangan ke depan ketika teknologi software dan hardware digabungkan maka fungsi manusia akan berkurang karena semua pakai robot sehingga timbul memanjakan generasi.

“Kami berharap melalui pramuka ini bisa memberi efek positif dan memperkuat generasi kita sekarang,” ujarnya.

Lanjut Erwandi, orientasi kegiatan pramuka pada dasarnya penanaman nilai karakter serta penanaman keterampilan dalam hidup. Nyatanya hal itu membutuhkan proses panjang dan tidak instan seperti membalikkan telapak tangan.

“Untuk itu dbutuhkan konsisten dan komitmen bersama memajukan gerakan pramuka khususnya di Kota Jambi,” tegasnya.

Diwaktu bersamaan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ir. Moncar Widaryanto saat membacakan sambutan Pj Walikota Jambi sekaligus membuka acara menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama, gerakan pramuka adalah salahsatu kegiatan yang sangat bermanfaat dan berpengaruh pada pembentukan karakter para generasi muda kita.

Oleh karenanya, sangatlah wajar jika kita semua sebagai pengurus secara kontinyu mendorong peningkatan kualitas gerakan pramuka khususnya di Kota Jambi.

Untuk merangsang peningkatan kualitas semua gugus depan di Kota Jambi, Dispora Kota Jambi akan melaksanakan sebuah kompetisi yang akan memberikan penilaian pada  gugus depan di tingkat SD dan SMP di Kota Jambi.

“Semua itu demi masa depan negeri yang lebih baik, yang Insya Allah akan terus dipimpin oleh para pemimpin-pemimpin terbaik pada masanya,” pungkasnya.