Logo Sipram

Dispora Kota Jambi Menggelar Bimtek Peningkatan Wawasan Kebangsaan Tahun 2023

Admin | 02 November 2023 | Berita


Sipram Koja -  Bertempat di Gedung PKK Kota Jambi, Selasa pagi (26/09/2023), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Wawasan Kebangsaan.

Ketua Panitia Acara, Erwandi S.STP yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahrga Kota Jambi dalam laporannya menyampaikan, Bimtek Peningkatan Wawasan Kebangsaan mengusung tema “Indonesia Satu, Indonesia Maju”.

“Adapun tujuan kegiatan untuk membangun dan mengembangkan persatuan-kesatuan bagi Pembina Pramuka,” ujarnya.

Selain itu, meningkatkan rasa cinta tanah air serta interaksi dan aktualisasi wawasan kebangsaan bernegara.

Sementara, acara Bimtek Peningkatan Wawasan Kebangsaan dibuka oleh Walikota Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Ir. Moncar Widaryanto.

Dalam sambutannya mengatakan, ia menyambut baik terlaksana kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi.

“Hal ini tepat dilakukan ditengah-tengah persiapan bangsa kita yang sebentar lagi akan melaksanakan Pemilu serentak, yang apabila tidak diantisipasi sejak dini akan rawan menimbulkan keterbelahan sebagai anak bangsa,” ungkapnya.

Moncar menjelaskan, wawasan kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan negara di masa depan.

Namun, penataan kehidupan kebangsaan harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Harapan kami, kepada kakak-kakak Pembina Pramuka untuk berdiri paling depan menyuarakan pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih lagi mari kita tanam dan tumbuh kembangkan di dalam diri peserta didik kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara diikuti 50 peserta dari Pembina dan Pelatih Gudep SD-SMP se-Kota Jambi.

Adapun narasumber pemateri dari Kesbangpol Kota Jambi, Kodim 0415 Jambi, BNN Kota Jambi dan Dispora Kota Jambi. (Sipram Koja)