Logo Sipram

Kadispora Kota Jambi membuka Bintek Peningkatan Kompetensi Pengelola Organisasi Kepramukaan Tahun 2024

Admin | 17 Juli 2024 | Berita


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi, Rabu pagi (29/05/2024), menggelar Bintek Organisasi Kepramukaan, bertempat di Aula PKK Kota Jambi.

Acara tersebut mengusung tema Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Organisasi Kepramukaan yang Terbuka, Mandiri dan Profesional”.

Tampak hadir, Kepala Dispora Kota Jambi, Erwandi S.STP, Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Jambi , Kepala Bidang Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni M.Pd, Pembina/Pelatih Gugus Depan serta tamu undangan lainnya.

Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni M.Pd, yang juga Ketua Panitia acara dalam laporannya menjelaskan bahwa Bintek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Kepramukaan penting dilakukan karena pada tanggal 25 Maret kemarin keluar Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 dan dicabutnya Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014.

“Otomatis dibutuhkan kreatifitas dan inovasi dari pengelolaan kepramukaan agar dapat menghadirkan kepramukaan yang menarik, menyenangkan dan bermanfaat bagi peserta didik,” ujarnya.

Diwaktu bersamaan, Kepala Dispora Kota Jambi Erwandi S.STP, dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan pengelolaan organisasi kepramukaan merupakan suatu proses untuk melakukan serangkaian gerakan dan perubahan multi level di dalam individu, kelompok, organisasi serta sistem kepramukaan. Sehingga terwujud kinerja yang lebih baik.

Menurut Erwandi, tantangan ke depan akan semakin berat terkait diberlakukannya Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Merdeka Belajar.

“Hal ini harus disikapi dengan arif, karena Pembina Pramuka menyiapkan kegiataan kepramukaan pada basis gudep masing-masing yang mampu menarik minat peserta didik untuk secara sekareela ikut dalam kegiatan kepramukaan,” tandasnya.

Untuk diketahui, narasumber Bintek Organisasi Kepramukaan diisi oleh Kepala Dispora Kota Jambi, Perwakilan Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Perwakilan Kwarcab Kota Jambi.