Logo Sipram

Pelatihan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dispora Kota Jambi

Admin | 29 Juli 2022 | Berita


Dispora Kota Jambi melalui Bidang Kepramukaan menggelar Pelatihan Peningkatan Wawasan Kebangsaan, Selasa pagi (26/7), bertempat di Gedung PKK Kota Jambi.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Amirullah SH, MH.

Tampak juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang diwakili Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi, Zulafni S.Pd, M.Pd serta tamu undangan lainnya. Adapun narasumber dari Kodim 0419/Jambi, Kesbangpol Kota Jambi dan BNN Kota Jambi.

armizi, SE selaku Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan tujuan acara untuk membangun dan mengembangkan persatuan dan kesatuan bagi pembina pramuka, meningkatkan rasa cinta tanah air berbangsa dan bernegara serta sebagai interaksi aktualisasi wawasan kebangsaan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Amirullah saat membacakan sambutan Wakil Walikota Jambi mengatakan, hidup damai dan tentram serta sejahtera merupakan tujuan kita dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khususnya di Kota Jambi.

Menurutnya, ini merupakan salahsatu kekuatan dan kunci kesuksesan bagi Pemerintah Kota Jambi dalam menjalankan program pembangunan yang direncanakan.

Diwaktu bersamaan, Zulafni Kabid Kepramukaan Dispora Kota Jambi dihadapan undangan yang hadir menuturkan wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Wawasan kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan,” bebernya.

Untuk itu, Zulafni berharap di Era reformasi dan demokrasi penataan kehidupan Kebangsaan harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai informasi, acara ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada 26-28 Juli 2022. Adapun peserta sebanyak 50 orang yang berasal dari Pengurus Kwartir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus Depan pada Pangkalan SD dan SMP dalam Kota Jambi.